Search Engine yang Inovatif


Artikel14
Dimana Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan Google pada posisi teratas dari mesin pencarian generasi pertama ada saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci, Google memakai teknologi terbaru PageRank yang sedang dipatenkan,  menjamin informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu.
PageRank menampilkan pengukuran yang objektif mengenai tingkatan halaman web dan diukur dengan cara menyelesaikan sebuah persamaan dengan 500 juta variabel dengan lebih dari 2 milyar kondisi. PageRank menggunakan struktur keterkaitan yang sangat luas. Google juga menganalisa halaman yang memberikan suara.Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan lengkap. Google disusun agar tak seorangpun dapat membeli "tempat yang lebih tinggi" di hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian Google pencarian obyektif dalam mencari info atau berita dengan cara yang mudah.
 Kelebihan google memilih beberapa hasil pencarian. kita bisa mencari hasil di web-search, books, downloads, blogs, images, jobs, lyrics, music, social bookmarks,@mail dll
Tampilannya yang sederhana Tampilan seperti ini sangat disukai oleh pengunjung karena simple dan cepat diakses.
Salah satu fitur google :
Adanya Google Health adalah Fitur layanan khusus terpusat dari Google yang dapat digunakan untuk menyimpan atau mencatat informasi kesehatan seseorang. fitur layanan ini serupa dengan Microsoft HealthVaulth. fitur layanan ini memungkinkan pengguna Google (Google users) secara pribadi menginputkan data-data terkait kesehatan mereka langsung dengan mengakses akun mereka pada tempat/pusat-pusat kesehatan yang ada. data-data ini, nantinya dapat digunakan untuk membuat histori kesehatan seseorang sepanjang hidupnya.


 

Search Engine Optimizasion

Artikel13-Search Engine
               Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.


 

Search Engine

Artikel12: Sejarah Search Engine
           Mesin pencari pertama adalah "Wandex", yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer, suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari lain yang lama, Aliweb, juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera sesudah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnya Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.
Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. Tahun 2004, Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya.
Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.
Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat, mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google.
 

Search engine Lokal dan Luar Negeri


        Kebanyakan orang tidak ingin search engine 290, terutama orang-orang yang pemula internet. Kebanyakan pengguna menginginkan sebuah mesin pencari tunggal yang memberikan tiga fitur kunci:

1. Hasil yang relevan (hasil Anda benar-benar tertarik)
2. Rapi, mudah dibaca antarmuka
3. Bermanfaat opsi untuk memperluas atau mengencangkan pencarian

Dengan kriteria ini, 10 Reader Favorite Search Engines datang ke pikiran. 10 situs pencarian ini harus memenuhi 99% dari kebutuhan pencarian pengguna sehari-hari biasa.

Berikut ini adalah daftar perubahan favorit pengguna, disusun dari saran email pembaca. Situs di bawah ini dalam urutan acak, dan diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan dan saran pengguna adapun dengan search engine lokal maupun interlokal.


Search engine Lokal 


Nowgoogle.com
Namanya adalah nowGoogle, ini adalah seacrh engine atau mesin pencarian buatan anak negeri. Konsepnya adalah multiple search engine, dimana nowGoogle menyatukan 10 mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dkk dalam satu search engine. Dengan begitu, nowGoogle.com lebih memudahkan netter atau blogger untuk melakukan pencarian tanpa harus repot membuka banyak tab baru.

Adapun berbagai fasilitas atau fitur yang disediakan oleh nowGoogle.com yang mendklarasikan sebagai Multiple Search Engine Popular ini diantaranya adalah : web-search, book, blog, ebook, gambar, lirik, lowongan kerja, dsb. Dan sebagaimaa Google.com, Yahoo dkk. Dilihat pada tampilannya mesin pencari (search engine) ini tampak bersih dan elegan.

Updatebanget.com

UpdateBanget merupakan mesin pencari. Pengembang UpdateBanget mendesain UpdateBanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal.

Sebagai tahapan pertama, UpdateBanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. UpdateBanget mengindeks semua situs berita di Indonesia, baik dengan lingkup nasional atau lokal. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diinginkan, terurut berdasarkan kekinian.

Pencarian berita adalah langkah awal. Ke depan, UpdateBanget berupaya melalui milestone yang telah diformulasikan untuk menjadi mesin pencari umum. Dalam misi pengembangan tersebut, UpdateBanget terbuka untuk segala macam ide, pendapat, kritik atau saran dari para pengguna.
Findtoyou.com

Findtoyou.com merupakan salah satu mesin pencarian yang hadir untuk penggunanya dengan konsep lebih spesifik dan praktis. Findtoyou memberikan pilihan kepada user dalam hal pencarian data seperti untuk Music, Video, Images, Software, Ebook, Document, Powerpoint, Excel, File Sharing, Torrent dan Social Networking secara langsung dihalaman depan website tersebut.
Keunikan dari Search Engine Findtoyou adalah dapat mengklasifikasikan pencarian, sehingga user dapat mudah memilih jenis File yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file.

Sejarah :
Awal mulanya berdiri pada bulan 9 juli 2009 dan berbasiskan di Surabaya dan Jakarta

Pendiri : Dian Arif Sutejo – founder
Teuku Iqbal Maulana – co-founder – CIT
setiadi – co-founder – CEO

Walau baru seumur jagung meramaikan situs pencarian, trafik untuk indonesia sudah berhasil menembus peringkat ke 617 untuk daftar
pencarian situs di Indonesia.

Umumnya pengguna findtoyou adalah kalangan pelajar dan perkantoran dengan memudahkan pengguna internet apa yang dibutuhkan, Findtoyou menggunakan link ke beberapa pencarian beberapa situs di dunia , sehingga dijadikan satu halaman website, saat ini total pengunjung lebih dari 25000 perhari ,menggandeng jejaring facebook sebagai media apresiasi penggunanya, semua dibangun atas opensource karena akan lebih mudah membangun dan mengembangkannya.


Gruil.com










Search engine layaknya google tapi masih dalam tahap beta (pengerjaan) namun gruil sudah dapat di gunakan.menrut pembuat gruil,web nya gruil jauh lebih cepat dan hasil data yang akurat. backgroundnya yang ceria bikin searching jadi berwarna

 Fjbex.com

 








FJBex adalah search engine terlengkap untuk berbelanja di Indonesia. Dengan mengindex belasan forum jual beli terbesar di Indonesia dan selalu di update setiap menit, FJBex memberikan hasil pencarian yang lebih baik dari search engine lainnya. 
Search Engine Interlokal

Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.



Adapun Fasilitas Lycos : 
  1. web
  2. e-mail 
  3.  pencarian file MP3
  4.  video
Disini Berikut kelebihan Lycos:
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.

Dalam Kekurangan Lycos : 
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data. 

       Disini Lycos yang merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos ternyata adalah potongan nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Mengapa laba-laba? Karena Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring-jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Submit URL : http://www.lycos.com/


Duck Duck Go
Pada awalnya, DuckDuckGo.com terlihat seperti Google. Tapi ada banyak kehalusan yang membuat mesin pencari spartan yang berbeda. DuckDuckGo memiliki beberapa fitur apik, informasi seperti 'nol-klik' (semua jawaban Anda ditemukan pada halaman hasil pertama). DuckDuckgo menawarkan disambiguasi meminta (membantu untuk menjelaskan apa pertanyaan Anda benar-benar bertanya). Dan spam iklan jauh lebih kecil dari Google. Berikan DuckDuckGo.com mencoba ... Anda mungkin sangat menyukai mesin pencari ini bersih dan sederhana.

Ask (Aka 'Ask Jeeves')
Ask / AJ / Ask Jeeves mesin pencari adalah nama lama di World Wide Web. Antarmuka super-bersih saingan mesin pencari utama lainnya, dan fasilitas pencarian adalah sebagai baik sebagai Google atau Bing atau DuckDuckGo. Pengelompokan hasil adalah apa yang benar-benar membuat Ask.com menonjol. Presentasi ini bisa dibilang lebih bersih dan lebih mudah untuk dibaca daripada Google atau Yahoo atau Bing, dan kelompok-kelompok hasil tampaknya lebih relevan. Putuskan sendiri apakah anda setuju ... memberikan Ask.com berputar, dan bandingkan dengan mesin pencari lainnya yang Anda suka.

The Archieve Internet"

Internet Archive merupakan tujuan favorit bagi pecinta Web lama. Arsip telah mengambil snapshot dari seluruh World Wide Web untuk tahun sekarang, memungkinkan Anda dan saya untuk perjalanan kembali pada waktunya untuk melihat apa halaman web tampak seperti pada tahun 1999, atau apa kabar itu seperti di sekitar Badai Katrina pada tahun 2005. Anda tidak akan mengunjungi harian Arsip, seperti Anda akan Google atau Yahoo atau Bing, tetapi ketika Anda memiliki kebutuhan untuk perjalanan ke masa lalu, menggunakan situs pencarian.

Yippy (sebelumnya 'Clusty')
Yippy adalah mesin Web Deep bahwa pencarian mesin pencari lainnya untuk Anda. Berbeda dengan Web biasa, yang diindeks oleh program spider robot, Deep halaman web biasanya sulit untuk menemukan oleh pencarian konvensional. Di situlah Yippy menjadi sangat berguna. Jika Anda sedang mencari untuk blog bunga hobi jelas, informasi pemerintah jelas, sulit-untuk-menemukan berita yang tidak jelas, penelitian akademik dan konten lain-jelas, maka Yippy adalah alat Anda.

Yahoo!
Yahoo! beberapa hal: itu adalah sebuah mesin pencari, agregator berita, pusat perbelanjaan, emailbox, sebuah direktori perjalanan, pusat horoskop dan permainan, dan banyak lagi. Luasnya ini 'portal web' dari pilihan ini membuat situs yang sangat membantu untuk pemula internet. Pencarian Web juga harus tentang penemuan dan eksplorasi, dan Yahoo! memberikan yang dalam jumlah grosir.

Bing
Bing adalah upaya Microsoft di unseating Google. Bing digunakan untuk menjadi pencari MSN sampai telah diupdate di musim panas tahun 2009. Disebut-sebut sebagai 'mesin keputusan', Bing mencoba untuk mendukung Anda meneliti dengan menawarkan saran di kolom paling kiri, sementara juga memberi Anda pilihan berbagai search di bagian atas layar. Hal-hal seperti saran 'wiki', 'penelusuran terkait' 'visual pencarian', dan mungkin sangat berguna bagi Anda. Bing tidak dethroning Google dalam waktu dekat, tidak. Tapi Bing pasti dicicipi.

Mahalo
Mahalo adalah 'bertenaga manusia' pencarian satu situs dalam daftar ini, mempekerjakan sebuah komite editor secara manual menyaring dan ribuan dokter hewan potongan konten. Ini berarti bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang lebih sedikit Mahalo memukul dari Anda akan mendapatkan pada Bing atau Google. Tetapi juga berarti bahwa sebagian besar hasil Mahalo memiliki kualitas yang lebih tinggi konten dan relevansi (sebaik editor manusia bisa menilai).

Mahalo juga menawarkan web biasa mencari selain mengajukan pertanyaan. Tergantung pada mana dari dua kotak pencarian yang Anda gunakan di Mahalo, anda akan mendapatkan hits konten topik langsung atau disarankan jawaban atas pertanyaan Anda.

Coba Mahalo. Anda mungkin seperti itu cukup untuk bahkan menjadi editor di sana.

Dogpile
Tahun lalu, Dogpile adalah pilihan cepat dan efisien sebelum Google. Hal-hal berubah, Dogpile menjadi layu ketidakjelasan, dan Google menjadi raja. Tapi hari ini, Dogpile akan datang kembali, dengan indeks tumbuh dan presentasi yang bersih dan cepat yang kesaksian hari tenang tersebut. Jika Anda ingin mencoba alat pencarian dengan presentasi hasil crossling menyenangkan dan membantu, pasti coba Dogpile.

Webopedia
Webopedia adalah salah satu website yang paling berguna di World Wide Web. Webopedia adalah sumber ensiklopedi didedikasikan untuk mencari definisi terminologi dan komputer techno. Ajarkan diri 'domain sistem nama ' apa yang ada, atau mengajar diri sendiri apa 'DDRAM' berarti pada komputer Anda. Webopedia benar-benar sumber daya yang sempurna untuk orang-orang non-teknis untuk memahami lebih dari komputer di sekitar mereka.

Google
Google adalah raja yang tak perlu dari 'spartan mencari'. Meskipun tidak menawarkan semua fitur pusat perbelanjaan Yahoo, Google cepat, relevan, dan katalog tunggal terbesar dari halaman web yang tersedia saat ini. Pastikan Anda mencoba, 'gambar' Google 'peta' dan 'berita' fitur ... mereka adalah layanan yang luar biasa untuk foto lokasi, arah geografis, dan headline berita.

 







 

Aspek terpenting dalam berbisnis Online

Artikel 11: Aspek terpenting dalam berbisnis Online
               Salah satu aspek terpenting dalam kegiatan bisnis internet adalah aspek promosi. Sebagus apapun kualitas produk anda, ataupun semenarik apapun website anda,tetapi hal itu tidak akan berarti jika tidak ada pengunjung ke website anda.

             Anda harus menunjukkan bahwa anda sekarang berbisnis, jangan takut ataupun malu untuk menunjukkannya kepada orang lain. Dan jika anda tahu aspek ini adalah kunci kegagalan terbesar dari mereka yang 98% gagal di bisnis internet. Urutan kegiatan yang selalu mereka lakukan sehingga gagal adalah seperti ini, mereka membuat produk, membuat website, kemudian membuat sistem pembayaran, dan akhirnya bisnis mereka mati karena karena kekurangan traffic website.

            Bisnis ini hanyalah seperti sebuah probabilitas, atau peluang. Maksudnya adalah semakin banyak orang yang mengunjungi website anda, maka semakin banyak orang tahu bisnis dan produk anda dan semakin besar pula peluang anda untuk menjual. Simpel khan?

Jadi anda masih berpikir aspek ini tidak penting?

Saya akan beritahukan kepada anda 3 cara tercepat untuk mendatangkan traffic masuk ke website anda,yaitu;

1. Cara yang tercepat dan termudah adalah menggunakan jasa dari Google Adwords.

Atau yang seringkali disebut sebagai iklan PPC (Pay Per Click). Maksudnya adalah anda membayar kepada Google untuk setiap klik yang masuk ke website anda melalu iklan website yang oleh Google dipasang pada halaman search engine mereka.

Dan iklan yang menuju ke website anda akan ditempatkan di sisi paling kanan halaman index oleh Google di tiap halaman pencarian dengan keyword yang anda inginkan. simpel dan efektif!

Meskipun anda harus mengeluarkan biaya untuk kegiatan promosi ini, tetapi cara ini memang sangatlah efektif, terutama untuk mendapatkan pengunjung dari search engine. Dan Google adalah pilihan yang sangat tepat untuk mulai bermain dalam cara promosi seperti ini. Mudah saja, siapa sih yang netter yang tidak kenal atau tidak pernah menggunakan Google?

Dan cara ini cukup membantu anda untuk mulai membangun image bisnis anda. Jika anda pemain baru dalam bisnis internet maka saya sangat menganjurkan cara ini. Cara ini efektif dalam mendatangkan pengunjung ke website anda. Kunjungi adwords.google.com untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

2. Cara yang kedua adalah dengan melakukan Joint Ventures.

Cara ini anda lakukan dengan menghubungi webmaster-webmaster dari website-website yang mempunyai traffic pengunjung yang tinggi. Mintalah kepada mereka untuk melakukan kerjasama seperti pertukaran link dan seringkali cara ini disebut sebagai Joint Ventures. Yaitu anda mempunyai rekan bisnis yang juga mempunyai website tetapi bisnis anda dan rekan anda tersebut tidak saling bersaing.

Dengan joint ventures anda bisa melakukan banyak sekali kerjasama bisnis dengan rekan bisnis anda tersebut, dan salah satunya yang cukup penting adalah pertukaran link yang akan memberikan traffic segar ke dalam website anda. Semakin banyak rekan bisnis yang memasang link masuk ke website anda, maka anda akan BENAR-BENAR panen traffic segar dalam jumlah yang cukup banyak untuk membuat website anda selalu dikunjungi orang-orang.

Search engine seperti Google ataupun Yahoo sangat suka dengan tipe-tipe website yang populer, dan mereka mengukur kepopuleran sebuah website dengan menghitung berapa banyak link masuk dari website milik orang lain yang masuk ke website anda. Mudahnya, semakin banyak link yang masuk dari website lain ke dalam website anda, maka semakin populer website anda dan akibatnya traffic website anda akan meledak!

Anda juga bisa membeli atau menyewa traffic dari website yang menyewakan link dari website yang sudah mempunyai traffic pengunjung yang banyak. Cara ini sebenarnya sangatlah efektif dan anda tidak butuh waktu yang lama, tetapi masalahnya adalah anda harus membayar dengan dollar karena belum ada penyedia jasa seperti ini yang berkualitas di Indonesia.

3. Berikan apa yang mereka inginkan!

Maksudnya di sini adalah jika anda ingin mendapatkan traffic yang berlimpah ke website anda, mudah saja caranya berikan hal-hal gratis untuk pengunjung website anda. Berikan ebook gratis, artikel gratis, newsletter gratis ataupun ecourse gratis. Berikan mereka alasan yang kuat untuk kembali mengunjungi website anda. Sediakan isi website atau content yang menarik

Tetapi dengan imbal balik mereka harus memberikan alamat email mereka kepada anda. Nah…email inilah yang harus anda gunakan untuk selalu melakukan Follow up dengan pengunjung anda tersebut.

Buatlah mereka tertarik pada isi/Content dari website anda. Jika mereka sudah tertarik, maka mereka akan dengan senang hati kembali lagi mengunjungi website anda. Dan inilah yang akan menjadi harta terbesar anda dalam bisnis internet ataupun internet marketing, yaitu mailing list atau daftar email anda. Inilah harta terbesar yang terpenting dalam bisnis ini. Jadi dapatkan email dari pengunjung anda sebisanya, jangan membiarkan mereka keluar dari website anda tanpa mendapatkan email mereka.

Ada satu lagi cara yang sebenarnya juga sangatlah efektif dalam promosi website, yaitu MLM. Maaf bukannya Multi Level Marketing, tetapi adalah Mulut Lewat Mulut. Ini adalah cara yang terefektif, termurah dalam promosi website. Caranya mudah saja, anda harus bergabung dengan komunitas internet seperti mailing list, ataupun seperti YahooGroups. Dan aktiflah di website tersebut. Dan ketika anda ingin mempromosikan website anda, maka inilah tempat yang seharusnya anda coba terlebih dahulu.

Sebarkan berita tentang website anda di mailing list ataupun YahooGroups. Dan lihatlah bagaimana cepatnya penyebaran berita tentang website anda tersebut di mailing list. Anda tidak akan percaya begitu cepatnya penyebaran berita tersebut.
 

Toko Online merupakan Aspek Penting dalam Bisnis online

Artikel 10: 
Toko Online merupakan Aspek Penting dalam Bisnis online
           Di Dunia maya telah dikenalkan sejak pihak militer Amerika menggunakannya sebagai sarana penghubung komunikasi antara pusat militer dengan setiap markas komando.
Sejak era 60-an, dunia maya dikenal sangat dekat dengan hal-hal yang berbau kasat mata, bukan tidak mungkin apabila terjadi hal-hal yang diluar rencana manusia.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga berkembang sangat pesat didalam berbagai bidang kehidupan guna mendukung saran dan prasarana perkembangan serta pemanfaatan dunia maya itu sendiri. Pemanfaatan website toko online sebagai salah satu bentuk realita di dunia bisnis dalam dunia maya sejak era 60-an.
Unsur-unsur bisnis mulai muncul ketika dunia maya, atau lebih dikenal dengan istilah internet menjadi faktor penting dalam menghubungkan setiap wilayah yang berbeda jarak dan waktu berkumpul dalam satu wadah yang secara waktu nyata dapat dimanfaatkan sebagai penggerak roda bisnis setiap saat.
Hal tersebut diyakini mampu untuk meraih hal yang menjadi tujuan utama teknologi internet dibangun, yaitu mempertemukan orang per orang, perusahaan per perusahaan serta objek-objek lain yang nantinya akan merambah ke segala bidang kehidupan. Membangun sebuah tpko online merupakan dampak nyata dalam berbisnis di dunia maya.
     Dalam segi aspek bisnis, pembuatan website toko online juga tidak lepas dari peran penting internet sebagai tulang punggung penggerak agar toko online tetap ada dan selalu eksis kapanpun dan dimanapun.
Hal tersebut pada website toko online juga berdampak pada bidang lain dalam hal peningkatan ekonomi, dominasi toko online sudah terlihat sejak lama, segala aspek sepak terjangnya mampu untuk merubah sebuah paradigma lama tentang kenapa sebuah toko didirikan.
Konsekuensi utama dalam mengenal sebuah toko online adalah bagaimana menggaet para konsumen dan memberikan rasa ketertarikan antara perasaan konsumen dengan jumlah toko online yang ada.


 

Aspek Transparan bisnis di dunia maya

Artikel 9: Aspek Transparan bisnis di dunia maya
           Aspek Cost Transparency merupakan sebuah situasi dimana para pelaku ekonomi dapat melihat atau mereka-reka secara jelas dan langsung biaya penciptaan sebuah produk atau jasa (Indrajit, 2000). Fenomena baru ini merupakan salah satu ciri khas dari ekonomi digital yang merupakan arena dimana bisnis secara virtual dilakukan. Terdapat berbagai cara untuk dapat mengetahui besarnya biaya perusahaan untuk menciptakan sebuah produk atau jasa.

Cara pertama dan termudah adalah mencoba membelinya secara langsung dari gudang dimana berbagai produk jadi disimpan. Contohnya adalah berbagai situs favorit di Amerika Serikat yang telah memungkinkan seseorang untuk secara langsung membeli komputer dan perangkat keras lain dari gudang pabrik, sehingga yang bersangkutan tidak harus membayar biaya distribusi, transportasi, showroom, dan pajak lokal.
Cara kedua adalah dengan memperbandingkan harga sebuah produk antara distributor atau penjual satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan harga yang termurah. Situs Buy.com dan Onsale.com merupakan dua contoh perusahaan di Amerika yang menjual berbagai jenis produk serupa. Calon pelanggan kerap memperbandingkan harga di kedua situs ini sebelum memutuskan untuk membelinya.
Cara ketiga adalah dengan mencari hulu dari sebuah rantai nilai (value chain) sebagai titik dimana transaksi bisnis dilakukan. Dengan kata lain, pelanggan mencoba untuk menghilangkan biaya-biaya yang timbul karena adanya berbagai mediator. Contohnya adalah situs Travelocity.com yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat secara mandiri, tanpa harus melalui agen perjalanan (travel agent).
Cara keempat adalah dengan mencoba mengakses situs semacam Epinions.com yang secara terang-terangan berisi database harga berbagai jenis produk. Atau melalui situs-situs yang menceritakan pengalaman berbagai pelanggan yang telah berhasil membeli sebuah produk dengan harga tertentu.
Cara terakhir adalah dengan menghitung sendiri harga dari masing-masing komponen pembentuk sebuah produk untuk memperkirakan harga yang wajar dari sebuah barang jadi.
Tentu saja keberadaan Cost Transparency ini akan sangat menguntungkan para konsumen. Di pihak lain, para produsen, pemborong, pengecer, distributor, agen, dan mediator lainnya harus berpikir ekstra keras untuk dapat memperoleh keuntungan yang sepadan dalam arena semacam ini.
Filosofi Biaya dan Harga
            Di lihat dari sisi penjual produk atau jasa (supply site), penentuan harga sebuah produk biasanya berpegang pada konsep consumer surplus untuk mencapai suatu target pendapatan optimum. Artinya, perusahaan menetapkan suatu level of price yang tidak saja terjangkau oleh calon pembeli yang menjadi sasaran, namun mereka pelanggan merasa bahwa harga yang ditawarkan adalah wajar (mencapai batas maksimum toleransi harga yang mereka harapkan). Keuntungan atau profit margin per unit penjualan yang dinikmati perusahaan tentu saja merupakan selisih antara variable cost penciptaan produk atau jasa tersebut dengan harga penjualan per unit.
              Sementara itu, dipandang dari sisi calon pembeli (demand site), konsep penentuan wajar tidaknya harga suatu produk atau jasa akan dinilai dari aspek value for money. Atau dengan kata lain, calon pembeli akan menilai apakah manfaat yang diperoleh sepadan dengan uang yang dikeluarkan.
Konsep consumer surplus dan value for money di atas tidak secara otomatis akan bertemu pada sebuah titik equilibrium mengingat adanya dua aspek penting yang dapat mempengaruhi terbentuknya suatu harga final, seperti:
1. Faktor kompetitor yang akan membuat calon pembeli untuk memilih produk atau jasa yang lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat (cheaper, better, and faster); dan
2. Faktor psikologis calon pembeli seandainya yang bersangkutan “mengetahui” atau dapat “mereka-reka” biaya produksi perusahaan.
Dengan kata lain, pada era market oriented seperti yang terjadi dewasa ini, bargaining power dari pelanggan sangatlah tinggi, berbanding lurus dengan keberadaan informasi yang murah dan akurat mengenai keadaan pasar.
                Para praktisi bisnis di dunia maya harus beradapan dengan kedua aspek penting di atas mengingat bahwa calon pembeli dapat dengan mudah dan gratis melakukan komparasi atau perbandingan antara perusahaan yang menawarkan produk atau jasa sejenis. Di samping itu, calon pembeli dapat pula dengan leluasa menghitung biaya produksi dan pelayanan suatu perusahaan tertentu mengingat begitu transparan dan terbukanya masing-masing perusahaan dalam memberikan informasi, yang merupakan konsekuensi logis dari kompetisi global di dalam kerangka pasar bebas dunia maya.
Ragam Permasalahan
            Sejalan dengan fenomena cost transparency tersebut, paling tidak terdapat 4 (empat) permasalahan mendasar yang harus dicermati.
Sumber: Sinha Indrajit, 2000
Pertama, cost transparency akan mengurangi kesempatan perusahaan untuk mendapatkan profit margin yang tinggi. Hal ini jelas merupakan akibat dari keadaan dimana calon pembeli “telah mengetahui” perkiraan biaya penciptaan produk atau jasa, sehingga yang bersangkutan akan mengetahui kewajaran harga jual. Pembeli akan tahu apakah harga jual yang ditawarkan melewati batas-batas kewajaran (mahal) atau tidak. Bahkan terkadang perusahaan terpaksa harus “memurahkan” harga mengingat banyaknya perusahaan yang menawarkan produk atau jasa yang sama di internet. Lihatlah sebagai contoh harga buku serupa yang dijual oleh situs Amazon.com dan HBSP.com (Harvard Business School Publisher).
Kedua, cost transparency secara tidak langsung telah merubah keberadaan produk atau jasa menjadi sebuah komoditi. Artinya, semua produk atau jasa yang memiliki karakteristik serupa (walaupun sebenarnya tidak sama) dianggap oleh konsumen sebagai sesuatu yang identik, sehingga yang mereka lihat tidak lebih dari faktor harga semata (faktor pelayanan atau aspek-aspek differentiation lainnya dianggap menjadi tidak signifikan). Dengan kata lain, sejalan dengan tingginya faktor penawaran dari berbagai perusahaan, yang tidak sebanding dengan tingkat permintaan pasar, harga menjadi sangat murah. Pelanggan juga tidak menghargai lagi aspek-aspek lain, seperti misalnya intellectual property, karena maraknya kompetisi. Sebagai contoh adalah tidak lakunya perusahaan yang menyediakan jasa penyediaan space untuk website (hosting) dengan harga tertentu mengingat banyaknya situs yang memberikan fasilitas gratis bagi mereka yang membutuhkan.
Ketiga, cost transparency memperlemah loyalitas pelanggan terhadap merek. Yang dimaksud di sini adalah bahwa jika dahulu pelanggan “rela” untuk membeli produk atau jasa dengan merek tertentu dengan harga premium, saat ini keadaan menjadi berubah. Contohnya adalah pembeli barang-barang elektronika merek Sony yang sebelumnya hanya mau melakukan transaksi di Sony Center karena prestisius walaupun harganya lebih mahal (karena faktor showroom dan pelayanan), saat ini lebih memilih untuk membeli langsung dari pabrik Sony melalui internet. Merek yang tadinya merupakan suatu nilai keutuhan dari produk, pelayanan, image dan prestige, turun citranya menjadi harga sebuah produk saja.
            Keempat, cost transparency dapat merusak reputasi perusahaan karena dianggap memberlakukan harga yang tidak wajar. Dampak dari aspek ini sangat dirasakan oleh perusahaan-perusahaan yang selama ini bergantung pada faktor merek sebagai strategi untuk meningkatkan harga unit produk atau jasa. Dengan diketahuinya biaya produksi yang sebenarnya oleh konsumen, maka yang bersangkutan dapat menghitung berapa besar perusahaan mencoba mengambil untung dari pembeli. Dalam waktu singkat, reputasi perusahaan yang selama ini berhasil menarik untung yang besar karena “ketidaktahuan” konsumen akan biaya produksi dapat menurun secara drastis sejalan dengan semakin menyebarnya informasi yang bersangkutan dari mulut ke mulut.
Strategi Jalan Keluar
            Melihat fenomena tersebut di atas, jalan keluar harus dicari, terutama bagi mereka yang ingin sukses untuk berbisnis di dunia maya. Kunci utama yang harus dipahami oleh pemilik dan pengelola perusahaan internet adalah adanya perubahan paradigma di dalam era ekonomi digital, yang memiliki prinsip-prinsip dan esensi yang jauh berbeda dengan konsep-konsep dasar ilmu ekonomi klasik. Hal selanjutnya yang harus dimengerti adalah perilaku konsumen (customer behavior) di dunia maya (cyber community). Di dalam dunia maya, secara fisik konsumen atau calon pembeli hanya berhadapan dengan sebuah situs sebagai representasi dari perusahaan. Faktor loyalitas dan psikologis sangat berperan di sini, dan terkadang harga tidak menjadi isu utama selama konsumen merasa comfortable dengan situs terkait. Lihatlah bagaimana loyalnya konsumen Yahoo.com, Amazon.com, Ebay.com, dan Etrade.com walaupun banyak sekali situs-situs lain yang menawarkan produk atau jasa serupa dengan harga yang jauh lebih murah. Dengan kata lain, dampak negatif dari adanya cost transparency dapat dinetralisir sejauh perusahaan menemukan cara untuk membuat pelanggannya merasa feel at home dengan membuat situs yang bersangkutan menjadi “tanah air” atau homeland dari konsumen.

 

Sosial Bisnis dengan ketentuan Aspek-aspek bisnis yang berlaku

Artikel 8 : Sosial Bisnis dengan ketentuan Aspek-aspek bisnis yang berlaku
             
            Dalam kehidupan dunia modern ini, hampir semua orang mengenal internet. Tentunya dengan semakin berkembangnya zaman, internet sudah bukan menjadi barang baru bagi kehidupan kita sehari-hari. Kamu semua pastinya juga mengenal bahasa-bahasa internet semacam situs jejaring sosial, mengunduh, mengunggah, blog atau semacamnya. Mungkin tidak semua diantara kita paham dengan bahasa-bahasa internet seperti di atas, tetapi paling tidak kita pasti sudah mendengar atau melihatnya. Salah satu tren di dunia maya yang saat ini sedang hangat-hangatnya diperbicangkan adalah situs jejaring sosial. Apakah situs jejaring social itu? Situs jejaring social adalah sebuah situs yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berinteraksi lewat dunia maya. Contoh situs jejaring social yang sangat populer adalah FaceBook, Twitter dan Friendster. Pastinya kita sudah mengenalnya, bahkan mungkin kamu sudah punya akun di sana dan sering berinteraksi lewat situs tersebut. Sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita gali dan kita manfaatkan dari keberadaan situr-situs jejaring sosial tersebut. Salah satunya untuk menunjang dunia bisnis.

         Tidak bisa dipungkiri kalau kita sebagai generasi muda ini adalah calon-calon penguasa di masa depan yang harus mulai mempersiapankan diri sejak sekarang. Kita bisa kok merintis bisnis kecil-kecilan mulai dari sekarang. Nah, kita bisa memanfaatkan keberadaan situs jejaring sosial tersebut sebagai media sosialisasi dan promosi bisnis kita. Kita tidak perlu repot-repot memikirkan cara untuk mempopulerkan bisnis kita. Kita bisa memanfaatkan koneksi-koneksi kita di situs jejaring sosial untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Selain cara ini relatif mudah, cara ini juga menghemat banyak waktu dan biaya.
          
         Bayangkan jika kita harus promosi door-to-door, pastinya melelahkan sekali. Networks.co.idadalah sebuah situs jejaring bisnis yang bisa kita manfaatkan untuk mengenalkan bisnis kita di dunia maya. Situs Networks.co.id yang berpusat di Indonesia ini memang sengaja didesain untuk membantu kita-kita melebarkan sayap bisnis lewat dunia maya. Kita dapat memanfaat situs bisnis ini untuk mengenalkan usaha kita sekaligus berinteraksi dengan sesama pebisnis muda. Situs Networks.co.id ini memungkinkan kita untuk memunggah profil bisnis kita, detail produk dan informasi lain yang berkaitan dengan bisnis kita. Kita juga bisa membangun koneksi di situs ini lewat Twitter dan Yahoo Messenger yang memudahkan kita berinteraksi dengan sesama pengguna atau anggota lainnya.
        
        Pusat situs jejaring bisnis Networks.co.id ini berada di Indonesia, jadi data kamu bisa diproses secara cepat. Kamu bisa langsung membuat profil organisasi bisnis kamu di sini. Lewat situs ini, diharapkan pebinsis-pebisnis muda mampu bersaing dalam mengembangkan usaha mereka. Jadi kamu bisa mengembangkan usaha kamu secara cepat tampa ngenguras banyak waktu dan biaya. kamu tertarik dan ingin bergabung? Caranya gampang. Kamu bisa langsung mampir ke situs ini, buat profil bisnis kamu dan memanfaatkan kesempatan untuk mengenalkan produk dan jasa yang kamu tawarkan ke pengguna situs ini. Di Networks.co.id kamu juga bisa berbagi pengalaman atau kiat-kiat bisnis dari teman-teman lainnya.



 

Aspek Bisnis yang Menjanjikan Di Dunia maya

Artikel 7 : Aspek Bisnis yang Menjanjikan Di dunia maya


           Ketika Pada masa yang cukup sulit saat ini, dimana kondisi perekonomian global sedang mengalami krisis yang berimbas juga ke Negara Republik Indonesia tercinta ini (krisis vol. 2). Sekalipun raport yang ditunjukkan oleh Pemerintah RI pada triwulan kedua masih menunjukkan angka biru, salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi masih di kisaran 6 %, namun diakui kondisi kedepannya masih gelap dan cenderung berat. Tentunya jika stabilitas pertumbuhan ekonomi negara yang nota bene terancam issue krisis global tersebut tidak diantisipasi dengan benar, maka rakyat kembali yang harus menanggungnya.
Ditengah issue yang sama sekali "tidak enak" tersebut, tentunya masing-masing individu harus berpikir "ekstra keras" bagaimana cara menaggulanginya ? Akankah harus bekerja lebih keras ? Mencari obyekan ? Bisnis sampingan ? Mau kerja apa saja, yang penting Halal! ? atau apapun, yang penting bisa memberikan solusi dari kemelut krisis.
            Salah satu pilihan bisnis yang bisa ditempuh adalah dengan Bisnis Internet ! Banyak iklan, penawaran dan ajakan untuk melakukan bisnis ini, contohnya: "Sekarang Anda Bisa Menghasilkan Uang Dengan Mudah Dan Melimpah Dari Berbagai Bisnis Sederhana Di Internet!".
Perlu diketahui bahwa bisnis ini akan ajarkan kepada kita berbagai cara untuk berbisnis dari internet dan mendapat uang dengan mudah dan melimpah melalui jalan-jalan yang halal, legal, elegan dan terhormat!, hingga iming-iming melupakan sulitnya mencari lowongan kerja, kesulitan pada pekerjaan yang digeluti saat ini, dengan menjalankan cara-cara yang diajarkan, dan bersiaplah untuk menerima aliran uang ke rekening dengan segera.
              Ternyata dari beberapa pelaku bisnis ini, mereka telah melakukan berbagai cara mencoba untuk menghasilkan uang dari internet. Ada yang sukses, ada yang gagal. Ada yang hasilnya manis, ada yang sangat manis. Tapi ada juga yang hasilnya pahit, dan juga bahkan sangat pahit. Itulah bisnis!!. Jatuh bangun di bisnis online sudah dialami, dari mulai ditipu orang, kalah berbisnis, sampai dengan raibnya puluhan ribu rupiah hingga ratusan US$ di internet.
               Sampai pada akhirnya bermunculan "orang-orang terpilih" yang memberikan 'jalan' dan pencerahan bagi individu-individu yang tertarik dalam bisnis di dunia maya ini. Dari mulai pebisnis pemula yang awam dan belum terbiasa dengan internet hingga para expert yang mungkin sudah mulai punya blog. Mereka dengan tangan terbuka memberikan guiden dan konsultasi secara gratis bagi para client-nya.

Mereka memberikan kiat-kiat dan rahasia, misalnya:
Bagaimana dengan melakukan klik di situs orang lain ?
Bagaimana mendapat uang dengan memasang iklan di situs / blog Anda ?
Bagaimana mendapat uang dengan menulis artikel di blog Anda ?
Bagaimana mendapat uang dengan mengupload file di internet ?
Bagaimana mendapat uang setiap kali orang masuk ke situs / blog Anda ?
Bagaimana mendapat uang setiap kali orang keluar dari situs / blog Anda ?
dan seterusnya hingga memberikan puluhan ide dan rahasia bisnis online lainnya ( PTC, PPP, PTR, PTRed, PTUp, CPA, CPC, CPM, eCPM, Adsense, Paypal, E-gold, HYIP, Autosurf, Social Networking, Viral Marketing, ads-site, paid review, online item trading, information selling, online investment, hosting, paid referral, reselling, affiliate, domain selling, domain parking, blog marketing, forum making, news site, SEO, PR, backlink, keyword, social bookmarking, SERP, dll, ... ).
            Sedang bagi individu yang benar-benar pemula di dalam bisnis internet, yang hanya punya waktu kurang dari 3 jam / hari untuk berbisnis online, yang belum punya blog + kartu kredit untuk berbisnis online, yang bingung ingin memulai dari bisnis online yang mana (dari sekian banyak bisnis yang saya ajarkan dalam ebook), namun ingin memulai dari bisnis online yang paling mudah, dan ingin memulai dari bisnis online yang dapat menghasilkan uang dengan cepat dan melimpah, mereka juga berikan "jalannya".
Salah satu contohnya yaitu: dengan berbisnis RESELLING produk.
Yaitu dengan mereka memberikan kepada client-nya kode URL khusus, dimana setiap kali ada orang yang melakukan klik pada URL affiliasi-nya dan melakukan pembelian paket bisnis, maka si-client akan mendapat sekian persen komisi dari harga penjualan produk.


 

Analisis web tokobagus.com

TokoBagus.com
        Tokobagus sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lain. Sesungguhnya, memasang iklan di Tokobagus adalah benar-benar GRATIS untuk suatu periode yang tak tentu.

        Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda. 

          Jika anda menginginkan publikasi yang maksimum dan GRATIS serta ingin sukses di dalam bisnis atau hanya sekedar menjual barang bekas, maka Tokobagus.com adalah solusinya. Kami bangga bahwa kami adalah nomor satu dan terpopuler serta mecakup seluruh wilayah Indonesia. Karena strategi kami yang kuat dan media publikasi kami yang besar kini kami telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari!! 
Cara daftar dan pasang iklan di tokobagus gratis
,
  1. Buka alamat www.tokobagus.com kemudian klik pasang iklan gratis seperti gambar di bawah ini
  2. kemudian isikan kategori utama untuk produk anda, kurang lebih ada sekitar 40 kategory silahkan pilih sesuai dengan kategori produk yang akan anda iklankan di tokobagus.com setelah pilih kategori utama kemudian ada sub kategori silahkan di isi setelah itu isi lagi dengan category yang bener benar sesuai dengan produk yang akan di iklankan kemudian isikan lokasi kita, setelah itu pilih tipe iklanya di paling bawah dan masukan alamat email kita kemudian klik lanjutkan
  3. kemudian pilih user name serta memilih propinsi dimana kita tinggal serta nomor telephone yang bisa hubungi , seperti gambar berikut ini 
  4. Masukan judul iklan semenarik mungkin agar para calon pembeli tertarik dengan iklan kita meskipun barang yang kita tawarkan sama, masukan harga serta kondisi barang tersebut, apakah baru, bekas,dsb, setelah itu masukan deskripsi barang yang akan kita jual sejelas mungkin maksimal 400 karakter, kemudian langakah terakhir upload foto barang yang akan kita promosikan di tokobagus.com melalui kotak yang ada di bawah, cara upload gambar ke tokobagus.com kita cukup klik logo pilih gambar kemudian kita cari gambar kita di mana kita simpan kemudian kita klik upload, dan kita tunggu prosesnya jika sudah selesai tinggal kita klik lanjutkan , seperti gambar berikut ini
  5. kemudian klik simpan dan untuk mengaktifkan iklan anda di tokobagus.com yang sudah anda buat silahkan membuka email dari pihak tokobagus kemudian lakukan aktifasi dan login ke akun tokobagus kita dan kemudian aktifkan iklan yang telah kita buat tadi seperti petunjuk berikut ini
             Di email yang dikrimkan oleh pihak tokobagus.com tersebut akan berisi dengan password id anda untuk melakukan login di akun tokobagus.com dan untuk nantikan anda bisa membuat iklan baru disana, semoga sedikit tutorial cara daftar dan pasang iklan gratis di tokobagus.com ini bermanfaat.