Search engine Lokal dan Luar Negeri


        Kebanyakan orang tidak ingin search engine 290, terutama orang-orang yang pemula internet. Kebanyakan pengguna menginginkan sebuah mesin pencari tunggal yang memberikan tiga fitur kunci:

1. Hasil yang relevan (hasil Anda benar-benar tertarik)
2. Rapi, mudah dibaca antarmuka
3. Bermanfaat opsi untuk memperluas atau mengencangkan pencarian

Dengan kriteria ini, 10 Reader Favorite Search Engines datang ke pikiran. 10 situs pencarian ini harus memenuhi 99% dari kebutuhan pencarian pengguna sehari-hari biasa.

Berikut ini adalah daftar perubahan favorit pengguna, disusun dari saran email pembaca. Situs di bawah ini dalam urutan acak, dan diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan dan saran pengguna adapun dengan search engine lokal maupun interlokal.


Search engine Lokal 


Nowgoogle.com
Namanya adalah nowGoogle, ini adalah seacrh engine atau mesin pencarian buatan anak negeri. Konsepnya adalah multiple search engine, dimana nowGoogle menyatukan 10 mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dkk dalam satu search engine. Dengan begitu, nowGoogle.com lebih memudahkan netter atau blogger untuk melakukan pencarian tanpa harus repot membuka banyak tab baru.

Adapun berbagai fasilitas atau fitur yang disediakan oleh nowGoogle.com yang mendklarasikan sebagai Multiple Search Engine Popular ini diantaranya adalah : web-search, book, blog, ebook, gambar, lirik, lowongan kerja, dsb. Dan sebagaimaa Google.com, Yahoo dkk. Dilihat pada tampilannya mesin pencari (search engine) ini tampak bersih dan elegan.

Updatebanget.com

UpdateBanget merupakan mesin pencari. Pengembang UpdateBanget mendesain UpdateBanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal.

Sebagai tahapan pertama, UpdateBanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. UpdateBanget mengindeks semua situs berita di Indonesia, baik dengan lingkup nasional atau lokal. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diinginkan, terurut berdasarkan kekinian.

Pencarian berita adalah langkah awal. Ke depan, UpdateBanget berupaya melalui milestone yang telah diformulasikan untuk menjadi mesin pencari umum. Dalam misi pengembangan tersebut, UpdateBanget terbuka untuk segala macam ide, pendapat, kritik atau saran dari para pengguna.
Findtoyou.com

Findtoyou.com merupakan salah satu mesin pencarian yang hadir untuk penggunanya dengan konsep lebih spesifik dan praktis. Findtoyou memberikan pilihan kepada user dalam hal pencarian data seperti untuk Music, Video, Images, Software, Ebook, Document, Powerpoint, Excel, File Sharing, Torrent dan Social Networking secara langsung dihalaman depan website tersebut.
Keunikan dari Search Engine Findtoyou adalah dapat mengklasifikasikan pencarian, sehingga user dapat mudah memilih jenis File yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file.

Sejarah :
Awal mulanya berdiri pada bulan 9 juli 2009 dan berbasiskan di Surabaya dan Jakarta

Pendiri : Dian Arif Sutejo – founder
Teuku Iqbal Maulana – co-founder – CIT
setiadi – co-founder – CEO

Walau baru seumur jagung meramaikan situs pencarian, trafik untuk indonesia sudah berhasil menembus peringkat ke 617 untuk daftar
pencarian situs di Indonesia.

Umumnya pengguna findtoyou adalah kalangan pelajar dan perkantoran dengan memudahkan pengguna internet apa yang dibutuhkan, Findtoyou menggunakan link ke beberapa pencarian beberapa situs di dunia , sehingga dijadikan satu halaman website, saat ini total pengunjung lebih dari 25000 perhari ,menggandeng jejaring facebook sebagai media apresiasi penggunanya, semua dibangun atas opensource karena akan lebih mudah membangun dan mengembangkannya.


Gruil.com










Search engine layaknya google tapi masih dalam tahap beta (pengerjaan) namun gruil sudah dapat di gunakan.menrut pembuat gruil,web nya gruil jauh lebih cepat dan hasil data yang akurat. backgroundnya yang ceria bikin searching jadi berwarna

 Fjbex.com

 








FJBex adalah search engine terlengkap untuk berbelanja di Indonesia. Dengan mengindex belasan forum jual beli terbesar di Indonesia dan selalu di update setiap menit, FJBex memberikan hasil pencarian yang lebih baik dari search engine lainnya. 
Search Engine Interlokal

Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.



Adapun Fasilitas Lycos : 
  1. web
  2. e-mail 
  3.  pencarian file MP3
  4.  video
Disini Berikut kelebihan Lycos:
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.

Dalam Kekurangan Lycos : 
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data. 

       Disini Lycos yang merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos ternyata adalah potongan nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Mengapa laba-laba? Karena Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring-jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Submit URL : http://www.lycos.com/


Duck Duck Go
Pada awalnya, DuckDuckGo.com terlihat seperti Google. Tapi ada banyak kehalusan yang membuat mesin pencari spartan yang berbeda. DuckDuckGo memiliki beberapa fitur apik, informasi seperti 'nol-klik' (semua jawaban Anda ditemukan pada halaman hasil pertama). DuckDuckgo menawarkan disambiguasi meminta (membantu untuk menjelaskan apa pertanyaan Anda benar-benar bertanya). Dan spam iklan jauh lebih kecil dari Google. Berikan DuckDuckGo.com mencoba ... Anda mungkin sangat menyukai mesin pencari ini bersih dan sederhana.

Ask (Aka 'Ask Jeeves')
Ask / AJ / Ask Jeeves mesin pencari adalah nama lama di World Wide Web. Antarmuka super-bersih saingan mesin pencari utama lainnya, dan fasilitas pencarian adalah sebagai baik sebagai Google atau Bing atau DuckDuckGo. Pengelompokan hasil adalah apa yang benar-benar membuat Ask.com menonjol. Presentasi ini bisa dibilang lebih bersih dan lebih mudah untuk dibaca daripada Google atau Yahoo atau Bing, dan kelompok-kelompok hasil tampaknya lebih relevan. Putuskan sendiri apakah anda setuju ... memberikan Ask.com berputar, dan bandingkan dengan mesin pencari lainnya yang Anda suka.

The Archieve Internet"

Internet Archive merupakan tujuan favorit bagi pecinta Web lama. Arsip telah mengambil snapshot dari seluruh World Wide Web untuk tahun sekarang, memungkinkan Anda dan saya untuk perjalanan kembali pada waktunya untuk melihat apa halaman web tampak seperti pada tahun 1999, atau apa kabar itu seperti di sekitar Badai Katrina pada tahun 2005. Anda tidak akan mengunjungi harian Arsip, seperti Anda akan Google atau Yahoo atau Bing, tetapi ketika Anda memiliki kebutuhan untuk perjalanan ke masa lalu, menggunakan situs pencarian.

Yippy (sebelumnya 'Clusty')
Yippy adalah mesin Web Deep bahwa pencarian mesin pencari lainnya untuk Anda. Berbeda dengan Web biasa, yang diindeks oleh program spider robot, Deep halaman web biasanya sulit untuk menemukan oleh pencarian konvensional. Di situlah Yippy menjadi sangat berguna. Jika Anda sedang mencari untuk blog bunga hobi jelas, informasi pemerintah jelas, sulit-untuk-menemukan berita yang tidak jelas, penelitian akademik dan konten lain-jelas, maka Yippy adalah alat Anda.

Yahoo!
Yahoo! beberapa hal: itu adalah sebuah mesin pencari, agregator berita, pusat perbelanjaan, emailbox, sebuah direktori perjalanan, pusat horoskop dan permainan, dan banyak lagi. Luasnya ini 'portal web' dari pilihan ini membuat situs yang sangat membantu untuk pemula internet. Pencarian Web juga harus tentang penemuan dan eksplorasi, dan Yahoo! memberikan yang dalam jumlah grosir.

Bing
Bing adalah upaya Microsoft di unseating Google. Bing digunakan untuk menjadi pencari MSN sampai telah diupdate di musim panas tahun 2009. Disebut-sebut sebagai 'mesin keputusan', Bing mencoba untuk mendukung Anda meneliti dengan menawarkan saran di kolom paling kiri, sementara juga memberi Anda pilihan berbagai search di bagian atas layar. Hal-hal seperti saran 'wiki', 'penelusuran terkait' 'visual pencarian', dan mungkin sangat berguna bagi Anda. Bing tidak dethroning Google dalam waktu dekat, tidak. Tapi Bing pasti dicicipi.

Mahalo
Mahalo adalah 'bertenaga manusia' pencarian satu situs dalam daftar ini, mempekerjakan sebuah komite editor secara manual menyaring dan ribuan dokter hewan potongan konten. Ini berarti bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang lebih sedikit Mahalo memukul dari Anda akan mendapatkan pada Bing atau Google. Tetapi juga berarti bahwa sebagian besar hasil Mahalo memiliki kualitas yang lebih tinggi konten dan relevansi (sebaik editor manusia bisa menilai).

Mahalo juga menawarkan web biasa mencari selain mengajukan pertanyaan. Tergantung pada mana dari dua kotak pencarian yang Anda gunakan di Mahalo, anda akan mendapatkan hits konten topik langsung atau disarankan jawaban atas pertanyaan Anda.

Coba Mahalo. Anda mungkin seperti itu cukup untuk bahkan menjadi editor di sana.

Dogpile
Tahun lalu, Dogpile adalah pilihan cepat dan efisien sebelum Google. Hal-hal berubah, Dogpile menjadi layu ketidakjelasan, dan Google menjadi raja. Tapi hari ini, Dogpile akan datang kembali, dengan indeks tumbuh dan presentasi yang bersih dan cepat yang kesaksian hari tenang tersebut. Jika Anda ingin mencoba alat pencarian dengan presentasi hasil crossling menyenangkan dan membantu, pasti coba Dogpile.

Webopedia
Webopedia adalah salah satu website yang paling berguna di World Wide Web. Webopedia adalah sumber ensiklopedi didedikasikan untuk mencari definisi terminologi dan komputer techno. Ajarkan diri 'domain sistem nama ' apa yang ada, atau mengajar diri sendiri apa 'DDRAM' berarti pada komputer Anda. Webopedia benar-benar sumber daya yang sempurna untuk orang-orang non-teknis untuk memahami lebih dari komputer di sekitar mereka.

Google
Google adalah raja yang tak perlu dari 'spartan mencari'. Meskipun tidak menawarkan semua fitur pusat perbelanjaan Yahoo, Google cepat, relevan, dan katalog tunggal terbesar dari halaman web yang tersedia saat ini. Pastikan Anda mencoba, 'gambar' Google 'peta' dan 'berita' fitur ... mereka adalah layanan yang luar biasa untuk foto lokasi, arah geografis, dan headline berita.

 







Penulis : MumuL Mulyana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Search engine Lokal dan Luar Negeri ini dipublish oleh MumuL Mulyana pada hari Kamis, 15 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Search engine Lokal dan Luar Negeri
 

0 komentar:

Posting Komentar