Mengetahui Conten berkualitas rendah dengan google analitik

Artikel 55
      Sejak Google mengubah sistem algoritmanya pada 2011 yang lalu dengan sebutan Google Panda, banyak blog/web yang trafiknya turun secara signfikan bahkan drastis. 
Hal yang lebih buruk lagi dari si Panda ini adalah ketika blog kita mempunyai kualitas konten yang rendah, maka halaman-halaman tersebut akan mempengaruhi blog kita secara keseluruhan, dimana hal ini akan mempengaruhi trafik (pengunjung blog) menjadi turun. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui, halaman mana saja dari isi blog kita yang ternyata memiliki konten dengan kualitas rendah. Konten-konten berkualitas ini adalah kontent yang tidak memiliki manfaat (kurang bermanfaat) bagi si pengunjung blog, dan konten kualiats rendah ini bisa diidentifikasi dari jumlah page view -nya. Maksud Mamen adalah, ketika ada halaman blog kita yang mempunyai nilai page view yang rendah, konten inilah yang dianggap oleh si Panda yang bisa menganggu kualitas blog kita secara keseluruhan.

Cara untuk mengetahui halaman dengan trafik rendah (Page view sedikit) salahsatunya adalah melalui Google analitik, biasanya setiap pemilik blog/web sudah memiliki Google analitik ini yang disisipkan/diinstall pada template blognya. Dimana si Google-analitik ini akan mencatat/merekam semua jejak-jekak pengunjung blog kita. Sebagai contoh kali ini Mamen menggunakan blog Mamen yang lain untuk diperiksa Google-analitiknya, baiklah kita langsung saja ke TKP:

1. Login ke akun Google-Analitik kamu
2. Jika kamu mempunyai beberapa blog, pilih dengan cara mengklik blog yang mau kamu periksa.
3. Dari menu samping kiri, pilih "Content" > "Site Content" > "Content Drill down". Lalu pilih trafik review satu tahun terakhir pada format tanggal


Disini Mamen menggunakan Arsip/Tahunan/bulanan, 
browse aja Content Drilldown > Archives > Year > Month



Sekarang kamu analisis detailnya, 

per halaman yang mempunyai trafik rendah.


          Disini Mamen akan menghapus halaman (artikel) yang mempunyai page view kurang dari 10. Tapi sebenarnya tergantung dari blog kamu, kamu bisa memilih rentang waktu 3-6 bulan kebelakang terutama jika blog kamu masih baru, kamu juga bisa memilih kriteria dalam penghapusan artikel, misalnya yang mempunyai page view dibawah 5, dan sebagainya. 
         Hal penting yang perlu dicatat adalah harus hati-hati dalam menghapus halaman, pikirkan baik-baik, karena walaupun halaman tersebut mempunyai kontent dengan kualitas rendah tetapi bisa saja halaman tersebut justru adalah halaman yang memberikan banyak backlink ke blog kamu. Sebaiknya periksa lebih detail lagi dan seksama sebelum memutuskan penghapusan.

Penulis : MumuL Mulyana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengetahui Conten berkualitas rendah dengan google analitik ini dipublish oleh MumuL Mulyana pada hari Minggu, 27 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mengetahui Conten berkualitas rendah dengan google analitik
 

0 komentar:

Posting Komentar